Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tahun Pertama Hiriyah adalah : a

I. Tahun Pertama Hijriyah. Pembangunan Masjid Nabawi. Hal pertama yang dilakukan Nabi setelah sampai di Madinah adalah membangun masjid yang berfungsi selain tempat ibadah juga merupakan madrasah (tempat pengajaran) bagi orang Islam, tempat pertemuan, pusat pengendalian pemerintah, dan tempat tinggal orang-orang muhajirin yang miskin.

b. Perjanjian antar kaum muslimin (muhajirin dan anshor) Dengan mempersaudarakan sesame mukmin Nabi SAW telah mengikat suatu perjanjian yang sanggup menyingkirkan belenggu jahiliyah dan fanatisme kekabilahan tanpa menyisakan kesempatan bagi tradisi jahiliyah.

Al-Maidah <5>: 3 yang menandai tuntasnya tugas kenabian

II. Tahun Kedua Hijriyah Peristiwa yang menandai tahun kedua hijriah adalah : a. Turunnya izin berperang (QS. Al-Hajj <22>: 39) b. Aturan pembagian rampasan perang (QS. Al-Hasyr <59>: 7) c. Perintah berpuasa dibulan Ramadhan (QS. Al-Baqoroh <2>: 183) d. Perintah mengeluarkan zakat fitrah dan zakat mal (QS. At-Taubah <9>: 103) age. Perpindahan kiblat ke Baitulloh setelah 16 bulan berkiblat ke Baitul Maqdis (QS. Al-Baqoroh <2>: 144) f. Perintah untuk sholat idul fitri dan idul adha (QS. Al-Kautsar <108>; 1-2)

Perjanjian dengan kaum yahudi di Yastrib Setelah menduduki sebagian wilayah Madinah, Rasululloh memutuskan untuk menjalin hubungan damai dimana masing-masing pihak bebas beribadah dan berusaha tanpa permusuhan dan saling menyerang

III. Tahun Ketiga hijriyah Tahun ketiga hijriyah ditandai dengan : a. Perang Uhud. Umat Islam mengalami kekalahan karena tidak taat pada aturan Nabi dan diantara pasukan muslim itu juga ikut berbaur orang-orang munafik. b. Turunnya larangan meminum khamr (QS. An-Nisa’ <4>: 43, QS. Al-Maidah <5>: 93). Disebabkan pada saat solat ada sahabat yang bolak balik membaca surat Al-Kafirun sehingga berarti : Kami menyembah apa yang kalian sembah, dan tidak ada bagiku agama dan juga bagi kalian agama ( H.R. Abu Dawud).

IV. Tahun Keempat hijriyah Ditandai dengan dua perang yang nyaris terjadi yaitu perang dengan Bani Nadhir (karena berkonspirasi untuk membunuh Nabi) yang akhirnya berhasil diusir dari medan perang tanpa membawa alat perangnya, dan perang Dzatur Raqo karena pihak lawan melarikan diri.

V. Tahun Kelima hijriyah Ditandai dengan : a. Terjadinya perang Khandaq dan perang dengan Bani Quraizhah. Umat Islam berhasil mengalahkan kaum yahudi yang telah mengingkari perjanjian dengan Nabi dan diusir dari Madinah sehingga Madinah berdiri sebagai ibu kota pemerintahan Islam. b. Turunnya ayat yang mewajibkan haji, (QS. Ali Imran <3>: 97) c. Turunnya perintah bagi wanita untuk mengenakan hijab yang mula-mula diperintahkan untuk para poder istri Nabi (QS. Al-Ahzab <33>: 53).

VII. Tahun Ketujuh hijriyah a. Korespondensi Rasululloh SAW. Dengan beberapa raja. b. Perang Khaibar, perang ini dipimpin oleh Ali container Abu Thalib untuk menguasai benteng-benteng yahudi di Khaibar. Setelah perang ini daulah Islam semakin kokoh dan banyak tokoh-tokoh Quraisy yang disebut aˆ? r container aˆ?Ash, Utsman bin Thalhah, dll. c. Pada bulan Dzulqaedah, Rasul dengan 2000 orang Islam berangkat menunaikan umroh dan menetap 3 hari di Makkah.

VIII. Tahun Kedelapan hijriyah Ditandai dengan : a. Perang Mu’tah, perang ini perang terbesar dalam riwayat hidup Rasululloh. Perang ini dipicu oleh penangkapan utusan Nabi ke Busra, Al-harits bin Umair di wilayah Syam dan dibunuh dihadapan kaisar Romawi. b. Penaklukan Makkah (Fathu Makkah. c. Perang Hunain d. Pada bulan Dzulqa’idah, Nabi kembali umroh setelah pembagian harta teen dating apps rampasan perang di Ji’ranah.

IX. Tahun Kesembilan hijriyah a. Perang Tabuk b. Kejadian penting lainnya : 1. Pada bulan Muharram mengirim petugas untuk mengurus sadaqah ke berbagai kabilah. 2. Diutusnya Abu Bakar oleh Rasululloh sebagai pemimpin pelaksana manasik haji bagi kaum muslimin dan musyrikin tidak dibolehkan melakukan haji. 3. Munculnya kasus li’an dan hokum rajam. 4. Sholat gaib bagi raja Najasyi 5. Turun ayat yang melarang mensholatkan pemimpin kaum munafik Abdullah bin Ubay.

X. Tahun Kesepuluh hijriyah a. Diutusnya Mu’adz container jabbal sebagai utusan ke Yaman untuk menyeru pada Islam. b. Haji Wada’ yaitu haji Rasululloh (untuk yang terakhir kali yang diikuti oleh orang saat itulah turun ayat terakhir (QS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed